Fitur-fitur utama P4 Multispectral
Dapatkan data mengenai kondisi tanaman berpresisi tinggi dengan P4 Multispectral – drone berpresisi tinggi yang mengintegrasikan sistem pencitraan multispektral yang ditujukan untuk pengerjaan agrikultur, pemantauan lingkungan, dll.

– Sistem pencitraan multispektral yang terintegrasi

– Sistem pemosisian RTK untuk presisi hingga ke tingkat sentimeter – Sistem transmisi OcuSync

– TimeSync

– Kompatibel dengan D-RTK 2 Mobile Station

– Kompetibel dengan NTRIP

Apa Itu Pencitraan Multispektral ?
Setiap permukaan mampu memantulkan cahaya, berbagai obyek dengan permukaan yang berbeda mampu menyerap dan memantulkan penyinaran solar dalam berbagai cara. Sensor multispektral mampu mendapatkan data frekuensi spesifik melalui spektroskopi elektromagnetik, dan juga mampu mendapatkan informasi mengenai tanaman pada panjang gelombang yang ditentukan.

Pita-pita:
Biru (400-500 nm)
Perbedaan besar dalam kesehatan tanaman, dan pengaplikasian lainnya

Hijau (500 – 600 nm)
Tingkat klorofil

Merah (600 – 700 nm)
Tipe tanaman, kelembaban, menciptakan indeks area cakupan daun

Tepi Merah (700 – 730 nm)
Tekanan tanaman, tingkat klorofil

Inframerah Dekat (730 – 1.3 μm)
Kesehatan tanaman

Sistem Pencitraan Multispektral

– Sensor CMOS 1/2.9″
– Global shutter
– Gimbal dengan stabilizer 3 axis
– 6 kamera dengan kualitas 2 MP

1. Tepi Merah (RE): 730 nm ± 16 nm
2. Inframerah Dekat (NIR): 840 nm ± 26 nm 3. Hijau (G): 560 nm ± 16 nm
4. Cahaya tampak (RGB)
5. Merah (R): 650 nm ± 16 nm
6. Biru (B): 450 nm ± 16 nm

Sensor Sinar Matahari Terintegrasi
Sensor sinar matahari yang terintegrasi di bagian atas drone menangkap penyinaran solar, yang memaksimalkan akurasi dan konsistensi perolehan data di berbagai waktu dalam satu hari. Ketika dikombinasikan dengan data yang sudah diolah, informasi ini membantu untuk mendapatkan hasil indeks NDVI yang paling akurat.
Masing-masing sensor telah dikalibrasi selama proses produksi untuk memastikan konsistensi di berbagai drone.

Lihat Tampilan Kamera RGB dan NDVI
Aplikasi DJI GS Pro memungkinkan pengguna untuk menukar antara tampilan analisis indeks NDVI dan tampilan live RGB untuk memvisualisasikan titik-titik penting sehingga pengambilan keputusan dalam pengerjaan dapat dlakukan lebih cepat.

Presisi Hingga Tingkat Sentimeter
Dapatkan data pemosisian yang akurat secara real-time dari 6 kamera dengan sistem TimeSync dari DJI, memberikan pengukuran yang akurat hingga ke tingkat sentimeter.

– Kompatibel dengan D-RTK 2 Mobile Station atau gunakan iPad yang tersambung ke internet dengan SDK Remote Controller untuk dapat tersambung ke NTRIP

– Sistem TimeSync akan terus menerus menyesuaikan flight controller, kamera RGB dan NB, serta modul RTK,
memastikan setiap gambar yang diambil menggunakan metadata yang akurat dan memosisikan data pemosisian ke pusat sensor CMOS

– Menyimpan data observasi satelit untuk Post Processed Kinematics (PPK)

Spesifikasi

Nama indeksData yang diberikanFormula
NDVIIndeks vegetasi yang paling umum digunakan,memberikan wawasan mengenai kandungan klorofil pada tanaman.Nir-Red)/(Nir+Red)
GNDVIIndeks ini menggunakan pita hijau untuk menghitungkandungan klorofil dan penelitian menunjukkan bahwahasil indeks ini lebih stabil dari indeks NDVI.(Nir-Green)/(Nir+Green)
NDREPenelitian menunjukkan bahwa indeks ini memberikanpengetahuan mengenai kandungan klorofil dalam tanamandi musim berikutnya.(Nir-RedEdge)/(Nir+Red)
LCIPenelitian menunjukkan bahwa indeks ini merupakanindikator yang baik mengenai kandungan klorofildan nitrogen dalam tanaman.(Nir-RedEdge)/(Nir+Red)
OSAVIkondisi tanah merupakan faktor penting dalam kesehatantanaman di masa awal pertumbuhan, terutama jika tanamanditanam secara berjauhan. Indeks ini menganggap pentingkondisi tanah, dan merupakan indikator baik mengenaikandungan klorofil pada masa awal pertumbuhan.(Nir-Red)/(Nir+Red+0.16)

Contoh Alur Penggunaan P4 Multispectral
1. Rencanakan penerbangan melaui DJI GS Pro
2. Mengambil data: ambil gambar dengan P4 Multispectral, anda akan mendapatkan gambar RGB dalam format JPG
dan data multispektral dalam format TIF, serta gambar-gambar indeks NDVI
3. Menganalisa data: import data RGB dan multispektral ke DJI Terra untuk merekonstruksi peta indeks vegetasi 2D
4. Bertindak sesuai data: implementasikan penanganan dengan drone penyemprot atau metode lainnya berdasarkan hasil data

Contoh Peta Indeks Vegetasi Hasil dari DJI Terra

P4 Multispectral Dapat Digunakan Dalam Industri :

1. Pertanian Presisi

Selama musim menanam, sistem pencitraan multispektral dapat sangat membantu para petani profesional dengan memberikan informasi yang tampak oleh mata manusia dalam spektrum elektromagnetik. Dengan adanya akses ke data ini dan indeks NDRE dan NDVI, para petani mampu melakukan keputusan yang lebih efisien, tepat dan cepat terhadap tanaman untuk mengurangi biaya operasional dan meningkatkan hasil panen.

2. Pengelolaan Lingkungan

Inspeksi dan perawatn lingkungan secara rutin dapat dilakukan dengan lebih cerdas dan efisien dengan p4 Multispectral. Gunakan drone ini untuk memantau kesehatan hutan, mengukur energi biomassa, memetakan garis pantai, atau mengelola vegetasi di tepi perairan sambil membantu melindungi habitat atau ekosistem yang ada, serta banyak kegunaan lainnya.