Aplikasi DJI Fly telah diluncurkan bersama dengan diluncurkannya produk DJI Mavic Mini sejak Oktober 2019 lalu. Tentu masih banyak pengguna yang belum sepenuhnya memahami fungsi dari aplikasi ini. Kami akan membahas secara mendetil mengenai DJI Fly untuk membantu anda, pengguna Mavic Mini.

Pengenalan Halaman Utama DJI Fly

Ketika anda menghubungkan ponsel ke remote controller, aplikasi DJI Fly akan terbuka secara otomatis. Anda kemudian akan disambut dengan tampilan halaman utama yang terbagi ke beberapa bagian.

  1. Location: Menampilkan peta sehingga anda dapat melihat area di sekitar Mavic Mini anda.
  2. Fly Spots: Temukan tempat-tempat yang asik untuk terbang! Fitur ini belum tersedia di Perancis.
  3. Help Center: Temukan tutorial-tutorial penggunaan aplikasi di bagian ini, termasuk tutorial fitur, tips-tips untuk terbang dengan aman serta panduan penggunaan pengguna.
  4. Album: Anda dapat melihat hasil foto dan video dengan resolusi rendah disini.
  5. SkyPixel: Bagikan hasil karya anda ke platform SkyPixel.
  6. Profile: Akses profil, informasi dan data penerbangan anda disini.
  7. Camera view: Masuk ke tampilan kamera untuk mengendalikan dan menyesuaikan Mavic Mini anda sebelum dan ketika terbang. 

Pengaturan Aplikasi DJI Fly – Location

Untuk menjelajahi lingkungan yang akan diterbangkan, tentu saja anda harus melihat peta. Anda mampu melihat tempat-tempat larangan terbang yang disebut NoFlyZones.

Fitur ini bermanfaat untuk melihat informasi area larangan terbang tanpa harus berada di tempat itu, anda dapat melihat informasi ini dari rumah. Selain itu, anda tidak perlu menyambungkan drone, cukup mengakses peta pada aplikasi DJI Fly ini kapan saja.

Pengaturan Aplikasi DJI Fly – FlySpot

Bagikan dan jelajahi lokasi terbang yang disarankan oleh pilot-pilot drone DJI lainnya. Meski berada di daerah yang tidak anda ketahui, jangan khawatir karena pilot-pilot lainnya akan mendaftarkan area-area favorit mereka untuk terbang.

Pengaturan Aplikasi DJI Fly – Help Center

  1. Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, aplikasi DJI Fly memiliki bagian pusat bantuan yang dapat anda akses. Di dalamnya pun terbagi ke dalam beberapa bagian lagi, seperti tutorial mengenai fungsi-fungsi serta tips-tips terbang dan penggunaan.

     

    Pengaturan Aplikasi DJI Fly – Album

    Lihat kembali hasil foto dan video dari penerbangan anda disini. Hasil foto dan video pada album ini memiliki resolusi rendah, bukan file sebenarnya yang mempercepat pengguna untuk melihat kembali hasil-hasil foto dan video mereka.

    Dari album, anda dapat langsung mengedit hasil gambar dan video. DJI Fly menyediakan beberapa template untuk mengedit video dengan mudah dan cepat. Hasil gambar pun dapat langsung diedit dan dibagikan ke platform media sosial.

    Untuk mengolah hasil gambar dan video, DJI Fly juga menyediakan beberapa fungsi pro. Anda dapat melakukan pengaturan lebih mendalam seperti cut, color adjustment, manajemen volume untuk video, kecepatan playback, time reversal, dan lain-lain.

     

    Pengaturan Aplikasi DJI Fly – SkyPixel

  1. SkyPixel merupakan sebuah platform untuk membagikan hasil gambar dan video yang diambil dengan produk DJI. Anda dapat menemukan berbagai inspirasi dari pengguna lainnya, dan tentu saja membagikan karya apik anda.

    Pengaturan Aplikasi DJI Fly – Profile

Pada bagian profil, anda akan diberikan informasi mengenai penerbangan anda seperti waktu dan jarak terbang yang sudah ditempuh, namun juga terdapat link ke DJI Forum, DJI Shop, dan fungsi locate my drone beserta parameter-parameter lainnya.

Pengaturan Aplikasi DJI Fly – Camera View

Tentu saja ini merupakan tampilan yang akan paling sering anda kunjungi sebagai pengguna Mavic Mini. Tampilan camera view pada DJI Fly lebih minimalis jika dibandingkan dengan DJI GO 4.

  1. Pilihan mode: P (classic mode), S (sport mode), atau C (CineSmooth)
  2. Area ini merupakan area notifikasi dan peringatan.
  3. Jumlah sinyal GPS yang diterima oleh Mavic Mini.
  4. Status koneksi antara drone dan remote controller.
  5. Sisa baterai, dapat anda tekan untuk melihat informasi lebih mendetil.
  6. Parameter aplikasi, drone, kamera, dan kontrol radio.
  7. Tombol pengaturan untuk memilih mode foto atau video dan mengakses QuickShot.
  8. Tombol rana dan rekam.
  9. Akses album anda disini.
  10. Informasi mengenai nilai exposure, mode pengukuran exposure atau mengakses mode video secara manual.
  11. Menampilkan orientasi drone dan arah pilot selama terbang.
  12. Kecepatan, ketinggian, dan jarak anda dengan drone.
  13. Peta
  14. Fungsi lepas-landas otomatis

Kami akan menjelaskan lebih mendetil mengenai poin nomor 6, 7, 10, dan 13 untuk melengkapi informasi mengenai DJI Fly.

Global Parameters

  1. Pada parameter, anda dapat mengatur berbagai fungsi yang ada. Parameter terbagi ke 5 bagian yaitu: security, kontrol, kamera, transmisi, dan akses ke informasi mengenai drone anda.
    Halaman Pengaturan
    Safety & Security Ketinggian maksimum, Jarak maksimum,Ketinggian otomatis ketika RTH, Memperbarui titik awal, Kalibrasi kompas, Kalibrasi IMU, Identifikasi jarak jauh, Lacak drone, dan pengaturan lebih lanjut.
    Control Mode penerbangan, Unit, Mode nacelle, Kalibrasi nacelle, mode joystick, Kalibrasi remote controller, Tutorial untuk pemula, Memasangkan remote controller ke UAV.
    Camera Ukuran gambar (format), Status penyimpanan pada kartu microSD, pengaturan lebih lanjut.
    Transmission Saluran yang digunakan, mode saluran.
    About Us Nama, Mode, Firmware perangkat, Firmware remote controller, Database FlySafe, Database FlySafe untuk aplikasi, Versi aplikasi, Serial number baterai, Serial number perangkat, Serial number remote controller, dan Serial number kamera.

    Pengaturan Foto dan Video

– Photo mode
– Unique
– Interval photo
– Video mode
– 2,7K
– 25 fps
– 30 fps
– 1080p
– 25 fps
– 30 fps
– 50 fps
– 60 fps
– mode QuickShot
– Drony
– Rocket
– Circle
– Helix

Informasi exposure dan mode manual

Aplikasi DJI Fly menawarkan kendali atas exposure pada menu EV, dan untuk mengatur pengukuran exposure dari simbol padlock.

Anda dapat menggunakan mode manual dengan meng-klik simbol kamera di bagian kanan bawah. Setelah diaktivasi, akan muncul huruf M di tengah layar dan anda dapat menyesuaikan ISO dan kecepatan shutter kamera.

Peta

Beberapa tingkatan peta tersedia pada tampilan kamera. Anda dapat meng-klik logo peta di bagian bawah kiri untuk mendapatkan informasi seperti area larangan terbang dan berbagai informasi lainnya.