Pengenalan

Pada manual DJI GO 4 ini, kami akan menjelaskan mengenai berbagai pengaturan dan fungsi dari aplikasi DJI GO 4 untuk pengoperasian drone dan dapat menjadikan ponsel remote controller untuk seri drone Spark dan Mavic Pro, atau menjadi tampilan dari remote controller seri drone Phantom 4, Inspire 2, Spark, dan Mavic Pro. Secara keseluruhan, aplikasi ini merupakan aplikasi untuk melakukan pengaturan drone anda, oleh karena itu sangat penting untuk memahami pengaturan-pengaturan ini. Perlu diingat bahwa manual DJI GO 4 ini akan fokus pada penggunaan untuk Phantom 4 Pro, Mavic, Spark, dan Inspire 2. Karena ada beberapa fungsi yang berbeda dari masing-masing drone, beberapa screenshot yang ditampilkan akan menunjukkan pengaturan yang tidak ada di semua drone yang disebutkan di atas.

 

Daftar Isi Manual DJI GO 4

Pengaturan Umum DJI GO 4

Pengaturan Main Controller

Pengaturan Navigasi Visual

Pengaturan Remote Controller

Transmisi Gambar, Baterai, Wi-Fi, dan Pengaturan Virtual Joystick

Pengaturan Gimbal

Pengaturan Kamera

Mode Penerbangan Cerdas

Lainnya

 

Tampilan Kamera

Anda akan mengakses tampilan ini paling sering karena merupakan tampilan dari kamera drone anda ketika terbang. Anda dapat mengetuk ikon-ikon di sekitar halaman ini untuk melakukan pengaturan.

  1. Status sistem: ikon ini mengindikasikan status penerbangan pesawat dan menampilkan berbagai peringatan penerbangan.
  2. Status deteksi rintangan: bar berwarna merah akan muncul ketika pesawat mendeteksi adanya rintangan yang dekat. Bar berwarna oranye akan muncul ketika rintangan berada di jangkaun deteksi.
  3. Indikator level baterai: Indikator ini menyediakan tampilan level baterai. Bagian berwarna pada indikator baterai mewakilkan tingkatan daya yang dibutuhkan bagi pesawat untuk menjalankan fungsinya.
  4. Mode penerbangan: Tulisan disamping ikon ini mengindikasikan mode penerbangan yang sedang digunakan. Ketuk untuk melakukan konfigurasi pengaturan Main Controller. Pengaturan ini memungkinkan anda untuk memodifikasi batas-batas penerbangan dan lain-lain.
  5. Kekuatan sinyal GPS: Menampilkan jumlah satelit GPS yang terhubung. Bar putih mengindikasikan sinyal GPS yang sudah cukup.
  6. Status sistem pendeteksi 3D: Ketuk ikon ini untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur dari sistem pendeteksi 3D.
  7. Pengaturan Wi-Fi: Ketuk untuk masuk ke pengaturan Wi-Fi.
  8. Level baterai: Ikon ini menampilkan level baterai terkini. Ketuk untuk melihat menu informasi baterai, atur batas-batas peringatan baterai, dan lihat riwayat peringatan baterai.
  9. Pengaturan umum: Ketuk untuk masuk ke menu pengaturan umum, pengukuran, mengaktifkan live-streaming, menampilkan rute penerbangan, dst.
  10. Gimbal slide: menampilkan pitch dari gimbal.
  11. Toggle Photo/Video: Ketuk untuk mengganti antara mode merekam atau foto.
  12. Tombol rekam/rana: Ketuk untuk mulai merekam atau mengambil gambar.
  13. Pengaturan kamera: Ketuk untuk masuk ke menu pengaturan kamera.
  14. Playback: Ketuk untuk masuk ke halaman playback untuk melihat hasil foto dan video anda.
  15. Flight Telemetry: area ini menampilkan informasi penerbangan seperti kecepatan terbang.
  16. Tuas virtual: Ketuk untuk menampilkan tuas virtual untuk mengendalikan drone melalui layar sentuh pada ponsel anda.
  17. Mode penerbangan cerdas: Ketuk untuk memilih mode penerbangan cerdas.
  18. Smart RTH: Memulai prosedur RTH. Ketuk untuk memerintahkan drone terbang ke home point yang sudah direkam sebelumnya.
  19. Mendarat/Lepas-landas otomatis: Ketuk untuk memulai lepas landas atau mendarat otomatis.
  20. Back: Ketuk ikon ini untuk kembali ke menu utama.

Status Sistem

Ketika anda masuk ke mode kamera, bar ini akan berubah menjadi warna merah, kuning, atau hijau. Jika bar berwarna hijau, itu tandanya sinyal GPS cukup kuat dan drone anda aman untuk terbang. Jika berwarna kuning, anda harus terbang dengan hati-hati karena drone bisa masuk ke mode ATTI yang berarti sinyal GPS tidak cukup untuk menjaga posisi yang stabil. Dan yang terakhir, jika bar berwarna merah, drone tidak bisa terbang, dan akan muncul peringatan untuk memperbaiki situasi ini.

Jika anda mengetuk pada bar status, anda akan melihat keseluruhan sistem pesawat seperti berikut:

Kompas: Kompas memberikan lokasi drone dan terkadang harus dikalibrasi ulang jika anda terbang di lokasi yang baru. Perhatikan hal ini karena kompas sangat mudah terganggu dengan interferensi elektromagnetik.

IMU (Inertia Measurement Unit): Pada dasarnya, IMU merupakan barometer dan giroskop yang digunakan drone untuk melihat ketinggian dan sudutnya ketika terbang. Jika DJI GO 4 meminta anda untuk melakukan kalibrasi ulang, ikuti instruksi pada layar untuk melakukan kalibrasi ulang.

Status ESC (Electroni Speed Control): Status ini akan memberitahu anda jika ada masalah dengan motor drone anda. Jika ada peringatan, cobalah menyalakan ulang drone anda, dan jika peringatan masih belum hilang, hubungi DJI Service Center terdekat untuk melakukan pemeriksaan dan perbaikan drone anda.

Vision Sensor: Sensor-sensor inilah yang berperan mendeteksi rintangan ketika drone anda terbang. Sensor ini sangat disarankan untuk selalu dinyalakan.

Status Deteksi Rintangan: Ini merupakan peringatan yang muncul di layar anda ketika drone mendeteksi rintangan yang dekat.

Indikator daya baterai:

Pada status ini anda dapat melihat seberapa banyak daya baterai yang tersisa. Garis pada bagian status ini akan menjadi lebih pendek saat daya baterai habis. Titik pertama di sebelah kiri adalah ketika drone akan mendarat secara otomatis karena daya rendah. Titik kedua adalah ketika aplikasi akan mencoba untuk mengaktifkan fungsi RTH kecuali Anda menghentikannya. H kuning mewakili home point anda dan bergerak di sepanjang garis untuk menunjukkan berapa banyak daya yang anda perlukan untuk mengembalikan drone ke home point.

Mode Penerbangan

Ada 3 mode penerbangan pada aplikasi DJI GO 4:

Positioning Mode (P-mode): Mode P adalah ketika semua sensor drone aktif, sehingga drone akan selalu stabil. Ini adalah mode paling aman untuk menerbangkan drone, sehingga jika anda melepaskan tangan anda dari tuas kontrol, drone akan secara otomatis mengerem dan kemudian melayang pada posisinya.

Mode Attitude atau ATTI (A-mode): Pesawat akan beralih ke mode ATTI jika tidak ada atau lemahnya sinyal GPS, dan ketika kondisi terlalu gelap sehingga Vision System sulit untuk bekerja. Pesawat hanya akan mempertahankan ketinggiannya, tetapi akan melayang.

Mode Sport (S-mode): Dalam Sport Mode, drone anda dapat terbang dengan kecepatan penuh sambil menggunakan GPS untuk penentuan posisi. Namun, Vision System depan dan bawah akan dinonaktifkan, sehingga pesawat tidak akan dapat mendeteksi dan menghindari rintangan. Selain itu, fungsi Ground Station dan fungsi-fungsi Penerbangan Cerdas juga tidak aktif.

Daftar Isi Manual DJI GO 4

Pengaturan Umum DJI GO 4

Pengaturan Main Controller

Pengaturan Navigasi Visual

Pengaturan Remote Controller

Transmisi Gambar, Baterai, Wi-Fi, dan Pengaturan Virtual Joystick

Pengaturan Gimbal

Pengaturan Kamera

Mode Penerbangan Cerdas

Lainnya