Drone DJI M210 dengan kamera termal berhasil membantu menemukan seorang anak laki-laki berusia 6 tahun yang hilang di ladang jagung di daerah Becker, Minnesota. Ethan ditemukan selamat pada Rabu dini hari setelah lebih dari 600 sukarelawan berpartisipasi dalam pencarian. Ethan berhasil ditemukan berkat DJI Matrice 210 dengan kamera termal yang digunakan oleh salah satu relawan.

Anak Berusia 6 Tahun Berhasil Ditemukan Berkat DJI M210

Menurut The StarTribune, pilot drone DJI M210 yang dilengkapi dengan kamera termal tersebut menemukan Ethan di ladang jagung yang ketika itu sudah dilakukan pencarian.
“Jika tidak berkat drone itu, aku tidak yakin kami akan menemukan anak ini” ujar Joel Brott, polisi dari Sherburne County.
Ethan telah menghilang sejak hari Selasa pukul 16:10 ketika ia turun dari bis sekolah di jalan Highway 25, Becker. Ia pergi bermain dengan anjing milik keluarganya lalu tersesat di ladang jagung. Berkat bantuan DJI M210, Ethan ditemukan pada hari Rabu, sekitar pukul 1:50 dini hari di ladang jagung yang berjarak sekitar 1,5 mil dari rumahnya. Pihak kepolisian melaporkan kondisinya kedinginan saat ditemukan namun tidak ada kekhawatiran lainnya. Ethan pun segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk diperiksa.
WCCO-TV melaporkan bahwa sang pilot drone, Steve Fines mengatakan bahwa ia belum pernah menggunakan drone pada misi pencarian orang hilang sebelumnya.
“Ini adalah sebuah momen yang akan membahagiakan orangtuanya, dan kami para relawan pun merasakan kebahagiaan itu.”ujar Fines.
Adam Lisberg dari DJI mencuit pada akun twitternya, “Inilah tujuan kami menciptakan drone. Seorang anak berusia 6 tahun tersesat di ladang jagung di tengah malam, dan ditemukan oleh relawan yang merupakan seorang pilot drone menggunakan DJI M210 yang dilengkapi dengan kamera termal. Anak ini merupakan salah satu dari 292 orang yang berhasil ditemukan berkat penggunaan drone.”
Ini merupakan salah satu dari sekian banyak cerita penggunaan drone untuk tujuan yang baik. Apakah kepolisian atau pemadam kebakaran di daerah anda sudah menggunakan drone untuk pencarian dan penyelamatan? Drone merupakan teknologi yang murah dengan potensi yang begitu besar, salah satunya seperti menyelamatkan anak kecil pada cerita ini.

Bagaimana opini anda mengenai penggunaan drone untuk kasus seperti ini? Tuliskan di kolom komentar!