Pilih perangkat yang tepat untuk operasi anda

Teknologi drone semakin berkembang dan berbagai industri telah mengadopsi penggunaan drone ke proses pekerjaan mereka untuk meningkatkan efisiensi secara drastis. Drone mampu mengubah cara bekerja bisnis dengan mengurangi biaya dan waktu operasional, meningkatkan keamanan karyawan, dan memberikan ROI (return of investment) secara langsung.

Pemetaan dan survey telah berubah berkat adanya teknologi drone. Ketika metodr survey tradisional mampu memberikan hasil dalam waktu berhari-hari atau berminggu-minggu, penggunaan drone dapat memberikan hasil yang sama dalam hitungan jam saja.

Tidak heran mengapa banyak perusahaan yang tertarik untuk mengoptimalkan hasil survey dan pemetaan dan mencari solusi dari produk-produk DJI Enterprise.

Bagi Para Surveyor, Apa yang Ditawarkan Penggunaan Drone?

Pertama mari kita perjelas perbedaan antara survey dan peta. Peta adalah representasi visual dari area yang digunakan untuk menggambarkan geografi dan fitur. Survey, selain juga peta, juga digunakan untuk mengukur posisi dan jarak antara dua dan tiga titik dimensi. Peta dan survei, meskipun sangat terkait, memiliki nilai dan kasus penggunaan yang berbeda.

Saat memilih drone untuk keperluan survey dan pemetaan Anda, satu faktor penting untuk dipertimbangkan adalah akurasi dan kecepatan.

Misalnya, pemetaan tidak memerlukan tingkat ketelitian yang sama dengan survey dan hasilnya dapat dicapai lebih cepat. Dalam survey dan pemetaan, beberapa teknik dapat menghasilkan data dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi, sementara yang lain dapat memberikan hasil dengan cepat di bawah tekanan waktu.

Apa sebenarnya arti akurasi ketika berbicara tentang survey dan pemetaan? Salah satu cara untuk menjelaskannya adalah seberapa akurat data akhir Anda dalam mencerminkan realitas situs yang anda survey. Cara utama ini dijelaskan dalam fotogrametri yaitu Ground Sample Distance, atau GSD. GSD didefinisikan sebagai panjang (dalam inci, sentimeter, atau milimeter) antara pusat dua piksel berturut-turut pada peta Anda. Atau GSD dapat dianggap sebagai panjang satu piksel di peta Anda. Misalnya, jika drone mencapai GSD 5cm / px, maka kita dapat memahami bahwa satu piksel pada peta digital ini sesuai dengan 5cm pada kenyataannya. Peta dengan GSD “lebih kecil” memiliki resolusi dan akurasi yang lebih tinggi.

Saat melakukan misi fotogrametri dengan drone, faktor utama yang dapat memengaruhi GSD Anda adalah kualitas kamera Anda (focal length, resolusi kamera), dan ketinggian terbang. Misalnya, menerbangkan drone lebih tinggi akan memungkinkan Anda untuk mencakup lebih banyak area dalam waktu yang lebih singkat, tetapi menangkap data Anda pada resolusi yang lebih rendah.

Berikut ini rincian pilihan dalam survey dan pemetaan dengan drone.

Grafik berikut ini menjelaskan bagaimana drone terintegrasi dengan alur kerja survey anda: layanan drone yang berbeda dan alur kerja yang dibantu dengan drone mampu memberikan berbagai tingkat akurasi yang berbeda. Ketika akan memilih drone untuk survey, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan anda, klien anda, dan keseimbangan antara kecepatan dan akurasi.

(grafik 1 dan grafik 2)

Memilih Sensor Data

Saat memilih layanan drone untuk survey dan pemetaan, Anda juga harus mengingat jenis data yang dibutuhkan anda atau klien anda. Proyek yang berbeda mungkin memerlukan jenis data yang berbeda, jadi DJI menawarkan layanan yang berbeda untuk berbagai keperluan.

  • Fotogrametri

Kebutuhan survey udara paling umum untuk fotogrametri, atau pembuatan model 2D atau 3D resolusi tinggi dari situs survei Anda melalui kombinasi dari hasil foto-foto digital. Setiap drone survey dan pemetaan DJI dilengkapi dengan kamera digital yang kuat yang mampu menangkap foto digital resolusi tinggi. Beberapa drone dapat dilengkapi dengan kamera miring yang dapat mengumpulkan gambar yang diperlukan untuk pemodelan 3D.

Selanjutnya, foto Anda dapat digabungkan menjadi satu menggunakan perangkat lunak fotogrametri, seperti DJI Terra, dan model yang dihasilkan dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan mengukur fitur seperti jarak, area, volume, dan banyak lagi.

  • Sensor khusus
  • LiDAR

Teknologi ini diterbangkan di atas situs survey, menggunakan laser untuk menerangi target, dan mengukur cahaya yang dipantulkan dengan sensor. Proses ini diulang ribuan kali untuk menghasilkan point cloud yang dapat mewakili situs Anda dengan tingkat akurasi yang lebih baik daripada fotogrametri.

  • Multispektral

Kamera khusus ini dapat menangkap panjang gelombang cahaya yang terlihat dan tidak terlihat. Untuk pengguna di industri pertanian atau survey yang dilakukan untuk mengukur pertumbuhan tanaman atau kepatuhan lingkungan, data multispektral sangat membantu untuk menyediakan informasi penting yang dapat ditindaklanjuti.

Pilih Layanan Survey Yang Paling Tepat Bagi Anda

Setelah Anda menentukan jenis dan kualitas data yang akan Anda butuhkan, kami dapat membantu memilih drone DJI mana yang paling cocok.