Mavic 2 Enterprise Dual, produk DJI Enterprise yang paling portabel dan dilengkapi dengan sensor pencitraan ganda yaitu sensor pencitraan visual dan sensor pencitraan inframerah. M2E Dual selama ini telah digunakan untuk misi-misi keselamatan publik dan inspeksi infrastruktir listrik, dan DJI berharap M2E Dual dapat membantu mengatasi penyebarain 2019-nCOV atau yang lebih kita kenal sebagai virus Corona dengan sensor pencitraan inframerahnya dan braket kalibrasi untuk mengukur suhu tubuh. Jika dibandingkan dengan termometer inframerah yang umum digunakan, drone ini dapat membantu pihak berwenang untuk mengukur suhu tubuh dari jarak jauh, mengurangi risiko bagi personel medis dan keamanan.

Untuk mewujudkan harapan ini, DJI memasangkan braket kalibrasi yang baru dikembangkan pada M2E DUAL, yang mampu menampung objek referensi pada sudut pandang kamera inframerah. Menggunakan objek referensi ini, pengguna dapat mengkalibrasi sensor termal M2E Dual dengan mencocokkannya dengan hasil dari termometer inframerah yang umum digunakan. Setelah ujicoba dan verifikasi, keakuratan pengukuran suhu dari produk ini diperkirakan berada dalam 0,5oC tanpa gangguan dari sinar matahari.

DJI berharap DJI Mavic 2 Enterprise Dual ini dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh dengan lebih mudah dan aman, menjaga keamanan masyarakat di saat-saat genting seperti ini. Braket kalibrasi ini memang menjaga hasil tes tetap akurat, namun perlu diperhatikan bahwa produk ini tidak dirancang untuk skenario medis profesional. Hasil pengukuran suhu tubuh hanya dapat dijadikan sebagai referensi, bukan sebagai dasar evaluasi medis.

Persiapan Sebelum Ujicoba
1. Perangkat yang dibutuhkan
a. M2E Dual
Disarankan untuk terbang dengan pelindung baling-baling untuk meningkatkan keamanan pengoperasian ketika drone terbang
rendah dan dekat dengan manusia.
b. Remote Controller
c. Braket kalibrasi

Tautan mengunduh untuk pencetakan 3D: klik disini
Kode ekstraksi: 1234@dji
d. Kapas pembersih telinga (dengan gagang dari kayu, diameter 2.2 – 2.5 mm dan panjang 7-10 cm)

e. Termometer inframerah biasa