2. Firmware dan aplikasi yang dibutuhkan
a. M2E Dual dengan firmware V01.01.0640
b. Remote Controller tanpa layar dengan firmware V01.01.0410, Remote Controller dengan layar dengan firmware V01.00.0650
c. Aplikasi DJI Pilot (versi v1.7.6)
Tautan untuk mengunduh: klik disini
Kode ekstraksi: 1234@dji
Segala informasi di atas dapat dilihat di aplikasi DJI Pilot, seperti pada gambar di bawah ini.

Proses Ujicoba
1. Pasangkan braket kalibrasi
a. Pasangkan braket kalibrasi di atas kamera

b. Nyalakan drone, lakukan kalibrasi gimbal, masukkan kapas pembersih telinga ke dalam lubang lingkaran pada braket kalibrasi hingga kencang. Jika tidak tidak terpasang dengan kencang, tebalkan dengan perekat dan pasangkan kembali hingga rapat.

Catatan:

  • Ketika akan memasangkan kapas pembersih telinga, letakkan drone di atas meja, dan masukkan kapas dengan cepat, karena gimbal tidak bisa ditekan terlalu lama. Jika anda menekan gimbal terlalu lama, anda akan beresiko mendapatkan peringatan gimbal overload yang dapat mengganggu kinerja gimbal. Jika muncul peringatan ini, restart drone.
  • Selama proses pemasangan, jangan pegang kapas pada kapas pembersih telinga karena dapat mempengaruhi akurasi pengukuran suhu tubuh.

2. Periksa pengaturan kamera dan siapkan drone
a. Buka aplikasi DJI Pilot, pastikan tampilan sama seperti foto di bawah ini.
– Nonaktifkan “MSX display mode”, dan tampilkan gambar infrared saja.

– Atur mode gain menjadi “High Gain Mode”
– Aktifkan “FCC calibration”

– Nonaktifkan “Isotherm”

b. Jika drone baru digunakan kembali setelah lama tidak digunakan, anda perlu memanaskannya terlebih dahulu selama lebih 3 menit. Jika baterai baru diganti, anda tidak perlu memanaskan drone, dan drone dapat langsung digunakan.

3. Kalibrasi untuk pengukuran
a. Terbangkan drone, biarkan melayang di area terbuka pada ketinggian 1.5 – 2m. Drone dapat diatur ke mode T untuk meningkatkan kestabilan terbang.
b. Klik “calibration” pada sudut kiri atas untuk memulai kalibrasi.

c. Klik pada kapas pembersih telinga yang tampak pada tampilan kamera, dan sistem akan mendapatkan suhunya secara otomatis. Klik “Next Step”
d. Kalibrasi pengukuran suhu tubuh: orang yang hendak diukur suhu tubuhnya harus berdiri dengan jarak 2 – 3m dari drone, dengan keadaan dahi terbuka. Pada tampilan kamera, klik bagian dahi dan sistem akan menampilkan suhu dahi secara otomatis. Klik tombol “Next Step”
e. Suhu dari dahi subyek ujicoba seharusnya dibandingkan beberapa kali dengan termometer inframerah biasa, untuk memastikan angka yang akurat. Masukkan angka dari hasil pengukuran dengan termometer ke aplikasi DJI Pilot sebagai referensi, lalu klik tombol kalibrasi untuk menyelesaikan kalibrasi.

f. Jika langkah-langkah kalibrasi di atas sudah selesai, lakukan 1 kali pengukuran suhu lagi pada subyek untuk verifikasi. Jika suhu tubuh yang terukur pada aplikasi DJI Pilot konsisten dengan hasil-hasil pengukuran sebelumnya dari termomter, berarti kalibrasi sukses dilakukan dan anda dapat menggunakan M2E Dual yang telah dimodifikasi ini untuk mengukur suhu tubuh. Jika anda merasa pengukuran suhu ini tidak akurat, klik pada “temperature measurement calibration button”di bagian sudut kiri atas layar untuk melakukan kalibrasi lagi.
g. Informasi penting:

  • Kapas pembersih telinga harus tetap dalam keadaan kering. Bungkus kapas pembersih telinga dengan plastik sebelum dan setelah dipasangkan.
  • Jika kapas pembersih telinga tidak dapat terlihat saat kalibrasi, anda dapat mengganti palet warna atau mengaktifkan fungsi isotherm sehingga dapat dilihat.
  • Saat mengukur suhu dari kapas pembersih telinga dan dahi subyek dari tampilan kamera, anda dapat meng-klik layar selama beberapa kali sampai subyek sudah terseleksi dengan benar, lalu tunggu selama 5 detik, dan suhu akan diukur.