Drone terus menerus menjadi perangkat yang komersil, memberikan pengguna di berbagai industri efisiensi dan keamanan serta hasil yang berkualitas. Industri survey dan pemetaan merupakan contoh industri yang diuntungkan dari kemajuan dan penggunaan teknologi drone.

Dengan kemampuan menangkap data dari langit, drone telah secara umum diintegrasikan ke alur kerja survey untuk melakukan operasi-operasi seperti survey lahan, fotogrametri, pemetaan 3D, survey topografi, dan lain-lain.

Apa pengertian survey dengan menggunakan drone?

Survey adalah ilmu presisi untuk menentukan posisi, dan jarak antara, titik-titik dalam ruang 2D dan 3D.

Hasil survey memberikan informasi penting yang memungkinkan pengambilan keputusan berdasarkan informasi mulai dari perencanaan lokasi konstruksi, hingga desain dan pemeliharaan infrastruktur, hingga penggambaran batas-batas properti kadaster, dan lain-lain.

Pengertinnya menjadi sesederhana berikut: survey dengan menggunakan drone hanyalah survey yang dilakukan dari atas dengan menggunakan drone.

Mengapa penggunaan drone untuk survey lebih baik dibandingkan metode survey tradisional?

UAV mampu mendapatkan data dengan cepat dari tempat-tempat strategis yang tidak dapat atau sulit diakses manusia.

Saat mensurvei medan yang sulit, penggunaan drone mampu menggantikan posisi manusia untuk secara fisik mengakses dan mengukur titik-titik di lokasi yang berbahaya atau sulit dijangkau.

Selain itu, metode survei tradisional membutuhkan pengukuran, persiapan yang lama, dan perencanaan yang teliti, sementara drone dapat menangkap data yang sebanding dalam jangka waktu yang jauh lebih singkat.

Singkatnya, survei dengan menggunakan drone mampu memberikan hasil berkualitas dengan cepat, menguntungkan, dan aman.

Hasil apa yang bisa Anda capai dengan survei menggunakan drone?

Hasil yang diperoleh tergantung pada pilihan sensor data dan perangkat lunak yang digunakan bersama dengan drone. Survei dengan drone mampu menghasilkan berbagai data dengan berbagai kasus penggunaan.

Peta Orthomosaic 2D

Perangkat lunak survey mampu menyambungkan ratusan hingga ribuan hasil gambar yang diambil drone, dan menciptakan peta orthomosaic 2D berkualitas tinggi.

Peta Orthomosaic 3D

Sejumlah besar gambar dari situs survey anda dapat digabungkan menjadi peta orthomosaic 3D dan memberikan data topografi yang penting.

Model 3D

Ciptakan model 3D terhadap obyek/situs yang ditargetkan sebagai perbandingan singkat dengan BIM.

Peta Termal

Lakukan survey dengan kamera termal dan identifikasi target dengan cepat, dengan perbedaan panas yang tampak dari kamera termal.

Point Cloud Lidar

Lengkapi drone anda dengan kamera LiDAR untuk menciptakan hasil data point cloud.

Peta Multispektral

Tangkap data multispektral yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia untuk mendapatkan informasi untuk pengelolaan agrikultur dan lahan perkebunan.

Peta Multispektral

Tangkap data multispektral yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia untuk mendapatkan informasi untuk pengelolaan agrikultur dan lahan perkebunan.

Drone dan BIM

Dalam pengelolaan konstruksi dan manajemen proyek, survey dengan drone dapat memberikan data penting yang sejalan dengan Building Information Modelling (BIM).

Pada setiap tahap proses konstruksi, data fotogrametri 3D resolusi tinggi atau pemodelan laser yang diambil dengan drone dapat ditimpa dan dibandingkan dengan obyek BIM yang sudah dirancang sebelumnya. Dengan demikian, perbedaan antara rancangan dan hasil akan tampak dengan jelas.

Jika perbedaan ini sudah dideteksi sejak awal, maka kesalahan dan pengerjaan ulang pada proses konstruksi akan terminimalisir. Oleh karena itulah peran drone penting.

Seberapa akurat hasil survey dengan drone?

Sebelum mengadopsi penggunaan drone pada proses pekerjaannya, banyak surveyor yang mempertanyakan akurasi dari hasil survey dengan drone. Seakurat apa hasil survey dengan drone?

Survey dengan drone dapat menghasilkan survei dengan tingkat akurasi yang berbeda, tergantung pada kebutuhan masing-masing proyek.

Dalam studi independen oleh DroneDeploy, DJI Phantom 4 RTK mencapai akurasi vertikal relatif 2 cm dan akurasi horizontal relatif 1,20 cm.

Dalam beberapa penggunaan, seperti memeriksa pertumbuhan tanaman, atau memantau proses konstruksi, akurasi relatif tinggi sudah cukup. Untuk pekerjaan lain yang juga membutuhkan akurasi tinggi, DJI menyediakan drone yang dilengkapi dengan RTK dan PPK. Ketika dipasangkan dengan beberapa GCP, akurasi dalam survei dapat dicapai.

Layanan Drone Untuk Survey Dari DJI

Dengan semua manfaat yang diperoleh drone, dan dengan begitu banyak pilihan drone survei untuk dipilih, pengguna pasti akan bertanya, manakah drone terbaik untuk survey?

Jawabannya akhirnya terletak pada prioritas Anda. Kebutuhan akurasi survey, sensor, dan biaya harus dipertimbangkan. Hubungi kami untuk informasi dan konsultasi mengenai produk DJI Enterprise yang sesuai dengan kebutuhan anda.